Thursday, November 12, 2015

Esai: Pengabdian Masyarakat

Diposkan oleh Unknown di 7:29 pm
JIWA SEHATKU UNTUK JIWA BARUMU
oleh: Rianti Putri Tsani 




Kondisi masyarakat Indonesia sepanjang awal sejarah menghadapi masalah yang serius. Masalah yang tak terduga terjadi dengan sendirinya (faktor alamiah) maupun akibat ulah manusia yang tak bertanggung jawab. Masalah-masalah yang dialami Indonesia saat ini adalah bencana alam. Bencana alam terjadi berulang dan bertahap pada setiap tahunnya. Seolah-olah Indonesia menjadi satu-satunya negara yang harus mencicipi aneka ragam peristiwa yang melelahkan.


Melihat kondisi buruk yang kian dirasakan di berbagai daerah, perlu adanya keprihatinan dan perhatian bagi semua warga Indonesia untuk menggerakkan serangkaian permohonan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar memberi  ampunan dan perlindungan bagi saudara setanah air tercinta. Namun, tidak cukup hanya sekedar berdo’a, para korban yang terlantar di sana membutuhkan rasa cinta dan bentuk kenyamanan dari orang lain. Mereka membutuhkan pertolongan yang dapat membuat mereka keluar dari rasa cemas dan ketakutan akan musibah yang menimpanya.

Tidak sedikit korban yang mengalami kelaparan hebat dan berujung pada kematian akibat ketidak pedulian manusia-manusia yang sombong. Banyak adik kita yang kecukupan gizinya terbilang sangat rendah. Banyak nyawa yang terbuang akibat sikap acuh dan egois sebagian besar dari kita. Padahal kita tahu pentingnya kesehatan masyarakat harus benar-benar mendapatkan perhatian, karena masyarakat berperan sebagai tolok ukur keberlangsungan perkembangan suatu bangsa.

Sebagai warga yang baik dan bermoral, akankah hanya terdiam melihat peristiwa-peristiwa pahit yang dirasakan saudara kita tanpa memberikan sedikit kontribusi  untuk mereka rasakan? Sebagai mahasiswa, apakah akan berkicau saja mendengar jeritan tangis teman-teman kita yang memanggil kata selamat untuk segera mendatanginya? Sebagai manusia, adakah rasa belas kasihan kepada mereka yang rela mengalami kesulitan-kesulitan terbesar yang mungkin baru pertama kali mereka rasakan?

Bangunlah jiwa bangsa! Mari bersama-sama memunculkan cerminan hati terbaik dan menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan bersama. Bangsa ini membutuhkan dukungan dan campur tangan manusia terhebat untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan keberadaban bangsa. Gerakkan hati untuk membangun dan memberikan segenap rasa aman dan pertolongan akan kasih sayang dan cinta. Bangsa membutuhkan jiwa baru, jiwa para manusia terhebat yang terpilih. Manusia terhebat manusia berjiwa sehat, ciptakan jiwa sehatmu dengan kepedulianmu, tunjukkan jiwa sosialmu untuk senyum bangsamu! Semangat mengabdi untuk negeri abadi!
 

Catatan Rianti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor