Saturday, November 28, 2015

Donor Darah

Diposkan oleh Unknown di 12:17 pm

Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Kegiatan menyumbang darah merupakan tindakan yang sangat mulia. Kegiatan donor darah mempunyai manfaat yang sangat besar terutama bagi penerima donor darah. Namun jangan salah, manfaat donor darah bagi kesehatan pendonor juga sangat bagus. Berikut adalah manfaat donor darah bagi kesehatan.












1. Mencegah penyakit jantung

Penyebab utama penyakit kardiovaskular adalah kekentalan darah tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kandungan besi yang berlebihan di dalam darah yang mengakibatkan kerusakan oksidatif yang berlebihan dan merusak pembuluh darah serta arteri yang mengakibatkan serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Menyumbangkan darah mengurangi risiko serangan jantung dan stroke secara signifikan karena besi oksidatif dibersihkan dari tubuh dan ini juga meningkatkan kualitas darah dalam tubuh Anda.

2. Membakar kalori

Sekali donor darah dapat membakar sekitar 650 kalori. Manfaat donor darah sangat baik untuk mengontrol berat badan. Namun, donor darah jangan dianggap sebagai kegiatan penurunan berat badan. Bahkan untuk dapat menyumbangkan darah sekali dalam setiap dua atau tiga bulan, harus memiliki berat badan sekitar 110pound, harus memiliki tingkat hemoglobin darah dan besi yang sehat.

3. Mengurangi resiko kanker

Manfaat donor darah selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko kanker karena kanker telah dikaitkan dengan kadar besi yang berlebihan di dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk peningkatan kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Sementara donor darah, mengurangi kadar zat besi dalam tubuh dan dengan demikian, kemungkinan terkena kanker juga berkurang. Ketika zat besi yang berlebihahan dilepaskan dari tubuh keuntungan yang didapat antara lain mengurangi stres oksidatif pada tubuh dan mencegah kanker hati, usus, paru-paru dan tenggorokan.


Waaw, luar biasa yaa manfaat yang bisa kita rasakan hanya dengan donor darah. Terus gimana nih syarat-syarat agar bisa menyumbangkan darah. Nah ini dia:

 

Mudah kaaan? Hehe^^




 Ini dia ada sedikit dokumentasi waktu Rianti jadi pendonor hehe
Donor darah pertama kali wuwu
Donor Darah 12 Maret 2015
Donor darah yang kedua
Donor Darah 11 September 2015


MEMBERI ITU ASYIK, BERBAGI ITU MENYENANGKAN^^

0 komentar:

Post a Comment

Your comments will make my days^^

 

Catatan Rianti © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor